Berapa Biaya Renovasi Rumah Borongan Per Meter Persegi? Ini Perhitungannya

iBangunan.com – Setelah lama dipakai maupun ditinggali sejak menjadi sebuah rumah yang baru, dalam beberapa tahun sebuah rumah atau tempat tinggal tentunya semakinlama akan terdapat kerusakan pada beberapa bagian karena dimakan usia atau mulai sudah tidak layak lagi.

Misalnya seperti cat dinding yyang tidak lagi kinclong dan ulai mengelupas, kayu-kayu yang mulai lapuk karena usia cuaca maupun rayap, beberapa tembok yang retak hingga atap maupun genting retak berlubang hingga bocor. Tetntunya pemilik rumah harus merencanakan dan mengalokasikan dana untuk renovasi rumah.

Seperti halnya dalam membangun rumah baru, dalam melakukan renovasi rumah atau tempat hunian memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jika tidak diatur atau dilakukan dengan manajemen yang baik, biaya renovasi rumah dapat membengkak dan menguras kantong.

Berikut iBangunan akan membahas tips dan cara merenovasi rumah agar lebih efisien dan tepat sasaran.

Langkah dan Cara Renovasi Irit Biaya

  1. Memanfaatkan struktur utama, dengan cara menggunakan struktur bangunan yang sudah ada seperti kolom, balok, dan pondasi. Sehingga anda sudah tidak perlu lagi untuk membuat struktur yang baru.
  2. Menggunakan jasa perencanaan (arsitek) meskipun bangunan rumah anda tidak begitu luas, karena memang arsitek sudah dididik dan dilatih secara profesional untuk merencanakan suatu bangunan seperti tempat tinggal.
  3. Menggunakan material bangunan yang berkualitas bagus tetapi dengan harga yang relatif murah. Jadi, jangan mudah percaya ataupun tergiur dengan merk material ternama tetapi belum terjamin mutunya. Menggunakan bahan bangunan yang bekas tetapi masih layak untuk digunakan juga dapat dijadikan alternatif untuk menghemat biaya renovasi rumah.
  4. Memburu diskon yang disediakan toko bahan bangunan material atau supermarket bangunan. Pasalnya, di setiap cabang toko meskipun berasal dari induk yang sama namun kerap memberikan diskon untuk item yang berbeda.
  5. Jangan menyuruh tukang untuk membeli bangunan dan sebaliknya lebih baik anda membeli sendiri. Anda juga dapat mengajak toko bangunan sebagai rekanan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Lalu apa saja komponen dan berapa biaya yang dibutuhkan dalam melakukan renovasi rumah sehingga lebih irit atau hemat?. Anda dapat melakukan renovasi rumah dengan sistem borongan yang dihitung dalam harga per meter (sistem meter persegi) atau harga satuan bangunan.

Perhitungan Biaya Renovasi Rumah Minimalis

Misalnya, jika Anda ingin merenovasi rumah minimalis dengan material standar, seorang kontraktor menetapkan harga satuan rumah sebesar Rp 4.000.000 per meter persegi. Jika luasan total yang akan direnovasi sebesar 120 meter persegi, maka estimasi kasar biaya renovasi rumah adalah 120 meter persegi x Rp 4.000.000 = Rp 48.000.000.

Tetapi, meski terlihat praktis dan mudah, biaya estimasi kasar tersebut tidak disarankan untuk pekerjaan renovasi rumah, karena biasanya cara ini digunakan untuk pembangunan rumah baru. Nah, untuk renovasi rumah, Anda bisa melakukan rincian untuk penggantian atau pembaruan beberapa ornamen, seperti:

  • Biaya penggantian lapisan lantai keramik berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu per meter persegi.
  • Biaya cat ulang dinding mulai Rp 45 ribu per meter persegi.
  • Biaya ganti plafon gypsum mulai Rp 200 ribu per meter persegi, atau hanya pengecatan ulang mulai Rp45 ribu per meter persegi.
  • Biaya ganti rangka atap atau rangka galvanize mulai Rp 200 ribu hingga Rp 250 ribu per meter persegi.
  • Biaya penutupan berkisar Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu.

Selain itu, jangan lupakan juga untuk menyisihkan anggaran guna membayar ongkos tukang. Ada dua metode pembayaran ongkos tukang bangunan, yaitu harian dan borongan. Jika memilih harian, ongkos satu tukang saat berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu per hari tergantung kota dimana tempat Anda tinggal, sedangkan untuk borongan, biayanya sekitar Rp 600 ribu sampai Rp 800 ribu per meter persegi. Selain itu terkadang kita juga turut menanggung konsumsi ringan atau berat tukang seperti minuman, kopi rokok, gorengan hingga makanan nasi.

Leave a Comment