Tipe Rumah Paling Populer di Indonesia

iBangunan.com – Rumah Tipe 21,36,45,60,70,120 – Saat ini rumah menjadi kebutuhan yang sangat mendasar. Tentunya semua orang membutuhkan rumah untuk tempat tinggal. Jika kita ingin membeli atau membangun rumah, sering kita lihat berbagai jenis tipe rumah. Mulai dari tipe 36, rumah tipe 60 dan berbagai macam tipe lain. Lalu apa yang dimaksud dengan tipe-tipe rumah?. apa hubungan tipe rumah dengan ukuran rumah, luas rumah atau desain rumah?.

Ternyata Jenis tipe rumah sendiri diambil berdasarkan luas dari rumah tersebut. Misalkan untuk tipe rumah 36 memiliki luas 36 meter persegi dan untuk tipe rumah 45 memiliki luas 45 meter persegi.

Yang menjadi faktor penentu luas rumah umumnya adalah kavling dari perumahan tempat rumah tersebut dibangun atau lahan yang akan dibangun sebuah rumah tersebut. Setiap tipe rumah umumnya memiliki karakteristik khusus baik dari segi dimensi bangunan hingga kebutuhan ruang, meskipun pada akhirnya pengembang biasanya akan menyesuaikannya dengan konsep dari perumahan secara keseluruhan dengan tujuan agar lebih mudah dan tertata.

Berikut penjelasan singkat beberapa jenis tipe rumah yang umum dan cukup sering dibuat dibangun di berbagai perumahan di Indonesia.

Jenis Tipe Rumah Populer di Indonesia

Tipe Rumah 21/24

Rumah dengan tipe 21/24 berarti memiliki luas bangunan 21 hingga 24 meter persegi, atau rumah dengan luas bangunan 21 dan luas tanah 24 meter persegi. Tipe rumah 21 atau 24 umumnya dibangun di kavling dengan lebar 3 atau 4 meter dengan ukuran 3×7 atau 4×6 meter.

Tipe rumah ini tergolong rumah sederhana dan hanya terdiri dari satu kamar tidur dan terkadang bahkan memiliki dapur yang berada terpisah pada bagian halaman belakang. Tipe rumah ini juga kerap menjadi pilihan investasi dengan menjadikannya rumah sewa, karena ukuran dan harga yang murah tentu pilihan menyewa tipe rumah satu ini lebih banyak dipilih.

Tipe rumah ini merupakan rumah paling kecil yang umumnya dibangun pengembang atau developer perumahan jika dahulu rumah tipe ini sering disebut Rumah Sederhana (RS), atau Rumah Sederhana Sekali (RSS), namun kini ukuran rumah tipe 21/24 sudah sangat jarang dan digantikan dengan tipe 36.

Nama : Rumah Tipe 21
Ukuran : 3×7 meter
Jenis : Rumah Sederhana Sekali
Harga : Terjangkau

Tipe Rumah 36

Rumah tipe 36 bisa saat ini menjadi tipe rumah yang umum paling banyak dibangun oleh pengembang perumahan dan juga paling banyak diminati. Rumah tipe 36 biasanya dibangun di kavling dengan lebar 6 meter dengan ukuran 6×6 meter persegi. Terdiri dari dua kamar tidur, tipe rumah 36 adalah rumah sederhana yang paling cocok untuk pasangan baru menikah ataupun keluarga kecil hingga sekedar untuk investasi rumah.

Tipe rumah 36 juga adalah pilihan tipe rumah yang kerap dipilih sebagai tipe rumah paling pas untuk orang yang tertarik melakukan investasi dibidang properti. Misalnya rumah minimalis tipe 36. Nggak cuma karena harganya yang tak terlalu tinggi, namun kebutuhan akan tipe rumah 36 yang cukup tinggi sehingga akan lebih mudah untuk dijual karena banyaknya peminat dan harga yang terjangkau.

Nama : Rumah Tipe 36
Ukuran : 6×6 meter
Jenis : Rumah Sederhana
Harga : Terjangkau

Tipe Rumah 45

Untuk kamu yang memiliki keluarga kecil namun ingin memiliki rumah yang sedikit leluasa, tipe rumah 45 bisa jadi alternatif pengganti tipe rumah 36. Pilihan tipe rumah 45 biasanya lebih digemari masyarakat menengah karena memiliki spesifikasi luas yang lebih baik daripada tipe rumah 36 meskipun sama-sama memiliki 2 kamar tidur.

Berdiri sama di kavling dengan lebar 6 meter, dimensi dari desain rumah tipe 45 biasanya memiliki ukuran 6×7.5 meter persegi. Jika dilihat dari segi luas tapak pun, tipe rumah 45 umumnya memiliki halaman yang lebih lapang daripada tipe rumah 36. Dibanding tipe rumah 36 yang bisa dijadikan pilihan investasi, tipe rumah satu ini lebih cocok untuk dijadikan pilihan untuk hunian bersama keluarga.

Nama : Rumah Tipe 45
Ukuran : 6×7,5 meter
Jenis : Rumah Keluarga Standar
Harga : Menengah Kebawah

Tipe Rumah 54

Tipe rumah lainnya yang merupakan pilihan rumah untuk masyarakat menengah hingga menengah ke atas adalah tipe rumah 54. Ukuran paling proposional dari tipe rumah satu ini adalah 9×6 meter persegi dan terdiri dari 3 kamar.

Pilihan tipe rumah ini juga lebih cocok untuk keluarga yang memiliki jumlah anggota keluarga yang lebih besar karena selain memiliki jumlah kamar yang lebih banyak, tipe rumah satu ini juga umumnya memiliki tapak dan luas ruang yang lebih tapak.

Nama : Rumah Tipe 54
Ukuran : 9×6 meter
Jenis : Rumah Keluarga
Harga : Menengah

Tipe Rumah 60

Dengan luas bangunan mencapai 60 meter persegi, tipe rumah 60 termasuk tipe rumah besar yang lebih diperuntukkan masyarakat menengah hingga menengah ke atas. Tipe rumah ini umumnya memiliki 3 kamar tidur, terkadang juga dilengkapi 1 kamar tidur tambahan untuk asisten rumah tangga. Dimensi dari tipe rumah 60 biasanya 6×10 meter persegi.

Untuk kavling dengan ukuran panjang yang nggak memadai, tipe rumah 60 terkadang juga bisa dibangun menjadi rumah 2 lantai.

Nama : Rumah Tipe 60
Ukuran : 6×10 meter
Jenis : Rumah Besar
Harga : Menengah Keatas

Tipe Rumah 70

Tipe rumah selanjutnya ini juga merupakan tipe rumah dengan luas relatif luas dan lebih cocok untuk keluarga menengah hingga menengah keatas dengan jumlah anggota yang relatif cukup banyak.

Jumlah kamar pada tipe rumah ini hampir menyerupai tipe rumah 60, namun dengan desain dan perbedaan kebutuhan terkadang tipe rumah 70 dibangun dengan memiliki hingga 4 kamar tidur. Dimensi dari tipe rumah ini juga bervariasi mulai dari 7×10 meter hingga 5×14 meter.

Karena luasnya yang luas, tipe rumah 70 juga biasanya dibangun sebagai rumah 2 lantai untuk mengakali luas kavling.

Nama : Rumah Tipe 70
Ukuran : 7×10 meter
Jenis : Rumah Besar
Harga : Menengah Keatas

Tipe Rumah 120

Tipe rumah terakhir yang akan kita bahas merupakan tipe rumah yang sudah masuk dalam klasifikasi rumah mewah. Biasanya diperuntukkan untuk masyarakat menengah atas. Dengan luas bangunan hingga 120 meter persegi, dimensi tipe rumah ini bisa bervariasi mulai dari 10×12 meter atau 8×15 meter persegi.

Umumnya, rumah ini juga dibangun lebih dari satu lantai dan memiliki jumlah kamar bervariasi tergantung kebutuhan pemilik rumah. Tipe rumah luas dan besar seperti ini juga memungkinkan pemilik atau pengembang untuk mengekplorasi desain dari rumah dengan berbagai gaya arsitektur rumah.

Nama : Rumah Tipe 120
Ukuran : 8×15 meter
Jenis : Rumah Mewah
Harga : Menengah Keatas

Tips Memilih Tipe Rumah Sesuai Kebutuhan

Dalam memiliki tipe rumah, kamu perlu memahami lagi kebutuhanmu agar dapat memilih tipe rumah yang paling tepat. Salah satu hal penting yang pelu kamu pertimbahkan saat memilih tipe rumah adalah tujuan dari penggunaan rumah yang kamu beli atau bangun tersebut.

Jika tujuan kamu membeli rumah hanya sekedar sebagai investasi, maka tipe rumah yang berukuran kecil seperti tipe rumah 21, 24, dan 36 adalah tipe rumah yang mungkin lebih tepat karena lebih mudah dijual kembali.

Sedangkan jika rumah dibeli untuk kamu huni bersama keluarga, pikirkan pengembangan dari rumah. Jika tipe rumah yang kamu pilih merupakan tipe 24 atau 36, pastikan apakah luas kavling memungkinkan untuk pengembangan bangunan dan juga renovasi rumah, baik itu menambah luas atau menambah lantai ketika anggota keluargamu telah bertambah kelak.

Tipe rumah sendiri rata-rata hanya mengklasifikasi rumah berdasarkan ukuran luas bangunan. Jangan lupakan aspek-aspek penting lainnya dalam memilih rumah impian selain tipe rumah seperti lokasi dari rumah, spesifikasi bahan material bangunan rumah, hingga lingkungan sekitar dari rumah tersebut.

Pencarian Terkait:

  • ruko minimalis terbaru (1)
  • tipe bangunan rumah (1)

Leave a Comment